5 Jurusan Politeknik Anti Mainstream dengan Gaji Menjanjikan

Ingin kuliah di jurusan unik? Dikutip dari Instagram resmi geant-kuwait ada lima jurusan kuliah anti mainstream namun menjanjikan yang bisa dipilih.
Jurusan-jurusan ini umumnya hanya ada di satu politeknik di Indonesia. Setelah lulus, mahasiswa akan diberikan gelar Sarjana Terapan atau S. ST.

Meski unik, prospek kerja jurusan ini bisa mengantarkan kamu untuk berkarier ke luar negeri. Apa saja jurusan-jurusan anti mainstream tersebut? Cek di bawah ini.

5 Jurusan Politeknik Anti Mainstream dan Gaji Menjanjikan

1. Teknologi Game
Senang main game? Nah jurusan ini cocok untukmu. Jurusan teknologi game akan membekali mahasiswa dengan empat kemampuan dasar di industri game, yaitu kemampuan teknis, kemampuan desain, kemampuan sosial dan komunikasi, dan kemampuan bisnis untuk berwirausaha di bidang industri game.

Setelah lulus kuliah, mahasiswa bisa bekerja di berbagai game developer. baik bergabung di tim game, design, game art, maupun game programming. Politeknik yang menyediakan jurusan ini adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan gaji lulusannya berkisar antara Rp 3,2 juta -15 juta per bulan.

Dengan kemampuan yang kamu miliki, tidak jarang tawaran pekerjaan akan datang dari luar negeri, lho!

2. Teknologi Rekayasa Utilitas
Mahasiswa jurusan teknologi rekayasa utilitas akan belajar mengenai rekayasa utilitas bangunan gedung baik gedung hunian, komersial, perhotelan, dan industri. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai sektor seperti industri retail, perhotelan dan kapal pesiar, rumah sakit, perbankan, dan perkantoran.

Selain itu juga prospek kerja di perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, manufaktur farmasi, kimia, petrokimia, pertambangan, dan tekstil.

Politeknik yang menyediakan jurusan ini ialah Politeknik Negeri Bali (PNB). Data dari situs Salary.com, gaji pertahun lulusan teknologi rekayasa utilitas bisa mencapai USD 73.213 atau sekitar Rp 1 miliar!

3. Logistik Perdagangan Internasional
Logistik perdagangan internasional akan membekali kamu dengan kemampuan spesifik dalam bidang supply chain, procurement, warehouse management, project management, dan menjadi entrepreneur yang andal. Lulusan jurusan yang terhitung baru ini memiliki kapasitas sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Untuk gaji bisa mencapai Rp 7 juta perbulannya. Tertarik mengambil jurusan logistik perdagangan internasional? Kamu bisa mendaftar di Politeknik Negeri Batam.

4. Rekayasa Keamanan Siber
Rekayasa Keamanan Siber adalah jurusan yang mempelajari pengembangan keamanan siber untuk tujuan tertentu. Lulusan memiliki keterampilan yang baik di bidang keamanan siber dan jaringan.

Gaji lulusan ini bervariasi dari Rp 5 juta- Rp 10 juta perbulannya. Nah untuk jurusan ini sudah cukup banyak di Indonesia. Jika kamu ingin belajar jurusan ini di sekolah kedinasan milik pemerintah maka kamu bisa mendaftar di Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN).

5. Produksi Tanaman Hortikultura
Untuk kamu yang suka budidaya tanam wajib mengambil jurusan ini. Mahasiswa akan dibekali tentang cara pembibitan yang baik, budidaya, penanganan pasca panen, dan pemasaran tanaman hortikultura untuk tanaman hias, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Jurusan ini bisa kamu ikut di Politeknik Negeri Jember dengan gaji awal Rp 4 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.