9 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Anak IPS

Daftar 9 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Anak IPS

Jurusan Untuk Anak IPS – Siswa SMA lulusan IPS akan dihadapkan pada berbagai pilihan jurusan sesuai minatnya saat mendaftar ke perguruan tinggi. 9 jurusan ini dikenal sebagai jurusan terpopuler bagi mahasiswa IPS.

Memilih jurusan kuliah memang membutuhkan banyak pertimbangan. Mulai dari kesesuaian bidang yang diminati hingga prospek kerja setelah lulus kuliah. Selain itu, jurusan favorit dan jurusan dengan minat rendah juga dapat dipertimbangkan untuk mengetahui seberapa besar peluang untuk diterima.

Jurusan Untuk Anak IPS

Jurusan untuk lulusan IPS berasal dari sosial humaniora atau keluarga Soshum. Jurusan ini bisa dipilih di semua program studi masuk, mulai dari SNMPTN, UTBK-SBMPTN, hingga jalur mandiri. Berikut ini adalah 9 jurusan di universitas yang paling diminati oleh mahasiswa jurusan IPS:

1. Psikologi

Jika mahasiswa IPA mengambil jurusan kedokteran, maka mahasiswa IPS mengambil jurusan psikologi. Ya, Jurusan Psikologi adalah jurusan yang paling diminati oleh mahasiswa lulusan IPS. Jurusan ini juga memiliki prospek karir yang menjanjikan.

Setelah lulus dari jenjang sarjana, mahasiswa psikologi dapat melanjutkan ke jenjang magister profesional dan dapat menjadi psikolog dengan membuka praktik konsultasi mandiri. Selain itu, lulusan Psikologi juga akan dibutuhkan di banyak sektor, baik di perusahaan, maupun di sektor pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan manufaktur.

2. Hubungan Internasional

Sama halnya dengan Psikologi, Hubungan Internasional atau HI juga merupakan jurusan yang banyak diminati oleh para alumni IPS. Jurusan ini dinilai memiliki prospek karir yang bergengsi. Alumni HI dapat bekerja di berbagai sektor internasional, seperti diplomat, konsultan imigrasi, jurnalis internasional, hingga konsultan politik.

3. Studi Hukum

Profesi advokat atau pengacara merupakan profesi yang prestisius karena terkenal dengan pendapatannya yang tinggi. Tak heran jika banyak mahasiswa IPS jurusan Hukum menjadi pengacara.

Lulusan hukum juga bisa menjadi notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Untuk menuju ke sana, setelah lulus S1, mahasiswa Hukum bisa menempuh jenjang profesional terlebih dahulu.

4. Ekonomi Akuntansi

Jurusan favorit mahasiswa IPS selanjutnya adalah Ekonomi Akuntansi. Jurusan ini dinilai memiliki prospek kerja yang luas dengan penghasilan yang berkelas. Selama kuliah, mahasiswa akan dibekali pengetahuan tentang prinsip akuntansi, akuntansi keuangan, akuntansi pajak, hingga hukum akuntansi.

5. Ilmu Komunikasi

Di berbagai kampus, Jurusan Ilmu Komunikasi dipandang sebagai jurusan yang bergengsi. Mata kuliah yang termasuk dalam kelompok IPS tentunya dapat diambil oleh mahasiswa lulusan IPS. Selama kuliah, mahasiswa Ilmu Komunikasi akan belajar tentang hubungan masyarakat, periklanan, jurnalistik, hingga penyiaran. Tentu saja, lulusan Ilmu Komunikasi tidak khawatir dengan prospek pekerjaan di masa depan karena banyak industri kreatif yang membutuhkannya.

6. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desain Komunikasi Visual atau DKV juga masuk dalam daftar jurusan favorit pilihan mahasiswa IPS. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep komunikasi yang disampaikan melalui media visual. Jurusan ini semakin diminati seiring berkembangnya era digital.

7. Manajemen Perbankan

Mahasiswa IPS diketahui mengambil jurusan Manajemen, salah satunya Manajemen Perbankan. Tak heran jika jurusan tersebut menjadi jurusan yang bergengsi bagi kebanyakan orang. Mahasiswa Manajemen Perbankan juga memiliki prospek karir yang baik, mereka dapat memasuki dunia perbankan, seperti teller hingga manajer bank.

8. Penyiaran atau Penyiaran

Di beberapa perguruan tinggi, jurusan Broadcasting masuk dalam Jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, banyak juga universitas lain yang memisahkan jurusan tersebut dan menjadi jurusan yang berdiri sendiri. Mahasiswa akan banyak belajar tentang program produksi di berbagai media, seperti televisi, radio, hingga media online.

9. Jurusan Administrasi Fiskal

Meski masih tergolong asing, jurusan ini memiliki prospek karir yang menjanjikan di masa depan. Jurusan administrasi fiskal ini cocok bagi mahasiswa IPS yang tertarik mempelajari seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, termasuk perpajakan dan kebijakan fiskal. Untuk prospek karir Administrasi Fiskal juga cukup luas, misalnya menjadi dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, pegawai negeri sipil, dan berbagai profesi lainnya untuk Anda.