Inilah 8 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2022

Inilah 8 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2022

Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2022 – Universitas unggulan selalu menjadi incaran banyak orang. Sebab, perguruan tinggi terbaik akan menyediakan tenaga pengajar yang kompeten dan transfer ilmu yang berkualitas. Alhasil, sejumlah perguruan tinggi akan lebih menonjol dan populer karena berbagai prestasinya dan sejarah kompetensi yang kredibel.

Memilih perguruan tinggi yang tepat juga dapat menentukan jalan seseorang menuju kesuksesan. Agar tidak salah pilih, telusuri dulu berbagai pilihan universitas terbaik di Indonesia. Universitas-universitas tersebut dapat dijadikan pilihan bagi lulusan SMA tahun 2022 yang akan melanjutkan studi ke jenjang universitas.

Daftar 8 besar Universitas terbaik Indonesia

Universitas Gadjah Mada

Peringkat dunia: 859

Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan Universitas negeri yang mendapat akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) 2017. Dengan total 205 program studi yang meraih akreditasi A (berdasarkan Database Perguruan Tinggi (PDDikti) Kemdikbudristek) .

Dengan motto “mengakar dan menjulang”, UGM saat ini memiliki 2 sekolah (S2 dan SMK) dan 18 fakultas. Presiden Jokowi sendiri merupakan alumni UGM jurusan Kehutanan.

Universitas Indonesia

Peringkat dunia: 649

Universitas Indonesia atau biasa dikenal dengan UI adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Depok dan berbatasan dengan Jakarta Selatan.

Pada 1950-an, UI memiliki 3 institusi dan 9 fakultas yang tersebar di lima kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Namun, saat ini setidaknya ada 15 fakultas dengan persaingan yang sangat ketat dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Universitas Brawijaya

Peringkat dunia: 956

Universitas Brawijaya berhasil menempati posisi ketiga universitas terbaik 2022. Selain itu, Brawijaya juga menduduki peringkat #42 Top Universities untuk tingkat Asia.

Berdiri pada Januari 1963, Universitas Brawijaya terletak di Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Universitas ini memiliki 104 program studi yang telah mendapatkan akreditasi A dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemdikbudristek.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Peringkat dunia: 1.097

UNAIR berdiri pada 10 November 1954 dengan sejarah yang panjang. Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ini memiliki motto, “Akhlak Prima”. Dengan Universitas utamanya yang terletak di Surabaya, Universitas Airlangga dikenal dengan akreditasi A-nya.

Universitas ini memiliki total 15 fakultas. Diantaranya adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Hewan, Vokasi, Keperawatan, Teknologi Maju dan Multidisiplin, FISIP, Perikanan dan Kelautan, Psikologi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Budaya, Iptek, dan Farmasi.

Universitas Padjadjaran

Peringkat Dunia : 751-800

Universitas Padjadjaran atau biasa disingkat Unpad telah berdiri sejak 11 September 1957 silam dan mendapat akreditasi prima (A). Nama Padjadjaran berasal dari Pakuan Pajajaran, sebuah kerajaan Sunda pada tahun 1473-1513 M di bawah pimpinan Prabu Siliwangi.

Universitas utama berada di Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kedua Universitas tersebut terletak di Jl. Dipati Ukur, Bandung.

Awalnya, Universitas Padjadjaran berstatus BLU (Badan Layanan Umum). Namun, pada Oktober 2014, statusnya diubah menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum).

Universitas Negeri Yogyakarta

Salah satu Universitas favorit lainnya adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Didirikan pada tanggal 21 Mei 1964, awalnya universitas ini memiliki nama lain yaitu Lembaga Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Mengusung motto “Leading Future Education”, universitas ini memiliki sejumlah fakultas favorit. Diantaranya adalah Ilmu Olah Raga, Ilmu Sosial, Teknik, Ekonomi, Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan Sains, serta berbagai program pascasarjana.

Universitas terakreditasi A ini terletak di Kota Pelajar, Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Kolombo Yogyakarta No. 1, Karang Malang, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Institut Pertanian Bogor (IPB University)

Didirikan pada tanggal 1 September 1963 di Bogor, Institut Pertanian Bogor memiliki berbagai fakultas, Sekolah Vokasi, Sekolah Bisnis, dan Sekolah Pascasarjana dengan lebih dari 100 program studi.

Pada 26 Desember 2000, IPB menjadi BHMN (Badan Hukum Milik Negara). Pada tahun 2005, IPB juga menerapkan sistem mayor minor bagi mahasiswanya. Artinya mahasiswa dapat mengambil dua atau lebih jurusan yang akan diambil.

Berdasarkan penilaian dari Pusat Inovasi Bisnis-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, IPB merupakan Universitas dengan inovasi terbanyak di Indonesia. Pencapaian ini bahkan bertahan selama satu dekade (2008-2018). Kemudian IPB berubah nama menjadi IPB University pada pertengahan tahun 2019.

Universitas Diponegoro

Pada tahun 1957, Universitas Diponegoro (Undip) didirikan sebagai universitas swasta. Namun, pada tahun 1961, Undip dengan maskot Pangeran Diponegoro kemudian berubah menjadi universitas negeri.

Universitas ini terletak di Jl. Prof. Sudarto No. 13 Tembalang, Semarang, Jawa Tengah memiliki beragam disiplin ilmu yang bisa dipilih. Seperti Ekonomi dan Bisnis, Peternakan dan Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Hukum, Sains dan Matematika, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.