11 Sekolah Pelayaran Dan Kelautan Yang Bisa Jadi Pilihan Terbaik

Bekerja di dunia pelayaran cukup menarik minat banyak lulusan sekolah masa kini karena gajinya tergolong tinggi.

Apalagi jika bisa bekerja untuk perusahaan pelayaran asing, lulusan sekolah pelayaran bisa mendapatkan gaji minimal USD 500 per bulan. Bahkan, gaji untuk kelas perwira bisa mencapai USD 2.000 hingga USD 3.000 per bulan.

Tak heran pendidikan ke sekolah tinggi pelayaran saat ini semakin diminati. Karena lulusan dari sekolah pelayaran memiliki prospek dunia kerja yang lebih luas dan diminati oleh perusahaan asing, baik dalam maupun luar negeri.

Minat yang cukup tinggi terhadap karier di bidang pelayaran, sejumlah sekolah pelayaran pun kini mulai tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik menjadi pelaut dan membutuhkan referensi sekolah pelayaran, berikut ini daftar 10 sekolah pelayaran terbaik di Indonesia.

1.BP3IP Jakarta
BP3IP atau Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran merupakan lembaga milik pemerintah. Berlokasi di Jakarta dan merupakan tempat pendidikan dan pelatihan para pelaut yang telah diakui oleh International Maritime Organization (IMO).

2. STIP Jakarta
STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran merupakan sekolah pelayaran negeri tertua di Indonesia. Sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia, STIP mencetak lulusan yang berkompeten.

3. BP2IP Tangerang
Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran(BP2IP) merupakan sebuah sekolah kemaritiman yang berada di Tangerang. Bagi kamu yang tinggal di wilayah Tangerang dan ingin melanjutkan pendidikan dalam ilmu pelayaran bisa mendaftar di BP2IP Tangerang. Di sekolah ini untuk meningkatkan sofskill calon pelaut, BP2IP menyediakan aneka macam ekstrakurikuler.

4. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar
Sekolah pelayaran yang berdiri sejak 1921 ini memiliki 3 jurusan utama yakni nautika, teknika, dan KALK. Selama masa diklat calon pelaut dari sekolah pelayaran tidak boleh menikah dulu. PIP Makassar memiliki fasilitas canggih seperti engine room control dan full mission ship simulator. Pelatihan pelayaran menggunakan kapal latih Sultan Hasanudin.

5. Akademi Maritim Cirebon
Bagi kamu warga Pantura bisa memilih Akademi Maritim Cirebon sebagai tempat menempuh pendidikan kelautan. Sekolah pelayaran yang berdiri sejak tahun 1986 ini akan mendirik calon perwira pelayaran yang ahli di bidang nautika dan teknika. Selain itu mendidik siswanya menjadi perwira pelayaran kyang ompeten bidang ketatalaksanaan pelayaran niaga.

6. PIP Semarang
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) juga hadir di Semarang. Ini juga merupakan salah satu sekolah pelayaran terbaik di Indonesia dan diakui oleh IMO. Sekolah pelayanan ini langsung dikelola oleh kementerian Perhubungan Indonesia.

7. AMN Cilacap
Meski kecil, Cilacap memiliki berbagai perguruan tinggi bidang transportasi. Salah satunya adalah Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Untuk program studinya terdiri dari teknik, pengelolaan pelabuhan, dan nautika. Lokasinya di dekat Teluk Penyu, membuat praktik pelatihan pelayaran menjadi fleksibel.

8. AMY Yogyakarta
Yogyakarta pun memiliki Akademi Maritim Yogyakarta (AMY). Ada 3 prodi dalam salah satu akademi pelayaran terbaik di Indonesia ini, yakni Ketatalaksanan Pelayaran Niaga, Nautika, dan Teknik dalam jenjang diploma. Sekolah ini telah mendapat pengakuan dari IMO pada tahun 2016.

9. Politeknik Pelayaran Surabaya
Politeknik Pelayaran Surabaya atau disebut juga sebagai Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP). Sekolah ini memiliki 2 kampus di Perak dan Rungkut Surabaya. BP2IP Surabaya memiliki 3 prodi dalam jenjang diploma untuk mencetak tenaga ahli pemesinan, kelistrikan dan navigator kapal.

10. STIMART AMNI Semarang
Merupakan lembaga pelayaran tertua di Semarang yang berdiri sejak tanggal 9 September 1964. Dan pada tahun 2015 mendapat sertifikat ISO 9001:2015 serta telah diakui oleh International Maritime Organization (IMO). Kampus biru AMNI telah berganti menjadi Universitas Maritim AMNI Semarang sejak Februari 2020. Prodinya S1-Manajemen transport dan D3-Nautika.

11. Politeknik Bumi Akademi Pelayaran Niaga Indonesia
Biasa disebut Akpelni, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta bidang kemaritiman yang berada di kota Semarang. Sejak tahun 1967 Akpelni Semarang telah resmi terdaftar pada lembaga Pendidikan Direktorat Perhubungan Laut. Perguruan tinggi ini memiliki visi untuk menjadi Politeknik yang unggul dibidang Ilmu dan Teknologi Maritim, Inspiratif, Berstandar Nasional dan Internasional. Saat ini memiliki 3 program studi dengan jenjang Diploma Tiga yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan, serta 1 prodi sarjana terapan atau setara jenjang Diploma Empat yaitu Transportasi Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.