20 Jurusan di SMK yang Paling Diminati dan Bergaji Tinggi

Lulusan SMK juga bisa berkarir di perusahaan ternama. Gajinya juga nggak kalah dengan mahasiswa Vokasi atau Sarjana. Selain itu, kamu tetap dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri, karena ada beberapa jurusan kuliah yang bisa dimasuki oleh siswa SMK.

Buat kamu yang pengen bekerja setelah lulus, ada jurusan-jurusan SMK yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Mulai dari akuntansi, kesehatan, tata rias, dan masih banyak lagi. Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Akuntansi
Hampir semua SMK memiliki jurusan Akuntansi. Di sini, kamu akan dibekali dengan pengetahuan teoritis dan praktik. Mulai dari konsep debit kredit, neraca, laporan keuangan, komputer akuntansi, hingga aplikasi pengolah angka untuk memudahkan pekerjaan kamu. Psstt, semua perusahaan memerlukan jasa akuntan lho, jadi nggak perlu takut tentang masa depan. Gaji staf akuntan lulusan SMK berkisar antara 3 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

2. Administrasi Perkantoran
Selanjutnya, jurusan Administrasi Perkantoran. Jangan anggap remeh dulu, kamu bukan cuma belajar tentang surat-menyurat, tetapi mempelajari etika dasar di lingkungan perkantoran. Misalnya, cara mengangkat telepon, menyiapkan ruangan rapat, serta public speaking. Nggak heran, lulusan SMK Administrasi Perkantoran bisa bekerja di berbagai bidang profesi. Mulai dari admin, sekretaris hingga resepsionis. Jurusan ini cocok untuk kamu yang cekatan dan teliti.

3. Desain Grafis / Multimedia
Pengen jadi content creator? Yuk, masuk SMK Multimedia! Kamu diajarkan cara menyajikan teks, gambar, serta video dengan software design seperti Adobe Photoshop atau After Effects. Jurusan ini cocok untuk kamu yang berjiwa kreatif. Nantinya, kamu bisa bekerja sebagai designer, videographer, video editor, animator, dan masih banyak lagi. Kamu dapat memilih berkarir di agensi periklanan, rumah produksi, TV, atau pekerja lepas (freelance).

4. Farmasi
Penyuka mapel IPA mana suaranyaaa? Yup, kalau kamu masuk SMK Farmasi, mayoritas pelajaran yang kamu pelajari berhubungan dengan Kimia dan Biologi. Salah satunya simplisia, yaitu bahan untuk memproduksi obat-obatan. Simplisia berasal dari hewani, nabati, maupun mineral. Kamu juga belajar seluk beluk administrasi kesehatan. Sehingga, setelah lulus kamu sudah siap bekerja sebagai asisten apoteker. Tenang, kalau mau kuliah lagi bisa kok!

5. Keperawatan
Masih berhubungan dengan dunia kesehatan, SMK Keperawatan menjadi incaran para siswa. Hal ini didukung oleh prospek kerja yang terbuka lebar. Menjadi asisten perawat, asisten laboratorium, asisten dental, atau perawat homecare. Gaji perawat homecare sendiri bisa mencapai 5-7 juta rupiah sebulan. Siswa SMK Keperawatan mempelajari jenis penyakit umum, cara berkomunikasi dengan pasien, membaca hasil laboratorium, serta kebutuhan dasar manusia.

6. Kimia Analisis
Waduh, jurusan apalagi nih? Kimia Analisis adalah salah satu jurusan di SMK yang mempelajari Analisis Kimia Dasar, Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia, Operasi Teknik Kimia, Alat Industri Kimia, dan sebagainya. Meskipun bikin pusing, prospek kerjanya nggak main-main. Kamu berpeluang menjadi staf laboratorium, research and development, analis mikrobiologi, quality control, dan quality assurance. Lulusan SMK Kimia Analisis juga setara dengan D1, lho! Keren ya?

7. Teknik Logistik
Belum banyak sekolah yang menawarkan jurusan ini. Tetapi, kamu bisa menemukannya di SMK Logistik Sumedang, SMKN 11 Bekasi, dan SMKN 4 Garut. Teknik Logistik mempelajari manajemen aliran barang dan modal sesuai dengan permintaan pasar. Jangan khawatir dengan prospek kerjanya, Brainies. Lulusan SMK Teknik Logistik dapat berkarir di bidang transportasi dan distribusi sebagai staf ekspor impor, sales, procurement, staf operasional hingga menduduki posisi manajer.

8. Bisnis dan Pemasaran
Kalau kamu cari jurusan SMK yang bisa kerja dimana aja, Bisnis dan Pemasaran jawabannya! Siapa sih yang nggak butuh ilmu pemasaran dalam mengembangkan bisnisnya? Kamu dibekali dengan keterampilan mengelola bisnis online, penataan produk, perdagangan ritel, inovasi produk, dan administrasi transaksi. Mau jadi pengusaha? Bisa banget! Tapi, kalau kamu mau bekerja di bidang sales dan marketing juga cocok kok. Pekerjaannya nggak monoton di depan komputer melulu.

9. Pelayaran
Pengen kerja sambil jalan-jalan ke luar negeri gratis? Yuk, daftar SMK Pelayaran. Hmm, belajar apa saja sih di sini? Banyak! Ada dasar-dasar pelayaran, perawatan kapal, kecakapan bahari, prosedur darurat, kompas dan kemudi, teknologi informasi, IPA, dan bahasa inggris. Kamu mempunyai kesempatan untuk bekerja sebagai nahkoda, staf pelabuhan, atau teknisi kapal. Oh iya, SMK Pelayaran bisa dimasuki oleh laki-laki maupun perempuan.

10. Perhotelan
Di SMK Perhotelan, kamu belajar banyak hal, mulai dari komunikasi, sanitasi, bahasa asing, tata boga, housekeeping, administrasi perhotelan, dan pariwisata. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah hotel dan akomodasi di Indonesia tahun 2020 mencapai angka 3.000. Artinya, hotel masih membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengembangkan bisnisnya. Kamu bisa menjadi resepsionis, asisten koki, concierge, room service, event planner, dan lain-lain.

Kompetensi Keahlian di SMK

11. Perbankan dan Keuangan Syariah
Anak SMK juga bisa kok kerja di bank. Kamu dapat mendaftar di jurusan Perbankan dan Keuangan Syariah. Mata pelajarannya antara lain dasar ekonomi syariah, lembaga keuangan syariah, ekonomi mikro dan makro syariah, pasar modal, valuta asing, asuransi, serta etika pelayanan nasabah. Setelah lulus, siswa SMK Perbankan dan Keuangan Syariah dapat berkarir sebagai teller, customer service, atau staf administrasi.

12. Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak adalah ilmu yang mempelajari pembuatan dan pemeliharaan perangkat lunak. Kalau masuk jurusan ini, hari-hari kamu nggak bakal lepas dari yang namanya coding, desain, dan algoritma. Nggak perlu khawatir, karena lulusan RPL cepat mendapat kerja. Banyak perusahaan teknologi yang membutuhkan software engineer untuk mengembangkan aplikasi atau website. Selain itu, kamu bisa berkarir sebagai system analyst, programmer, dan developer. Keren!

13. Tata Boga
Siapa suka masak-masak? Kalau jurusan Farmasi melakukan eksperimen di laboratorium, jurusan Tata Boga bereksperimen dengan bumbu dan bahan makanan di dapur. Tetapi, bukan cuma belajar masak, melainkan menghitung takaran gizi, mengelola bisnis kuliner, dan cara penyajian hidangan agar terkesan menarik. Setelah lulus kerja di mana? Jangan bingung, berbekal ilmu yang sudah didapat, alumni SMK Tata Boga bisa membuka usaha catering atau menjadi koki di restoran.

14. Tata Busana
Fashion design atau tata busana merupakan jurusan SMK yang punya masa depan cerah. Coba deh, kamu perhatikan, banyak sekali brand pakaian lokal yang muncul belakangan ini dan berhasil go international. Jurusan Tata Busana mempelajari dasar-dasar tekstil, komposisi pola pakaian, pembuatan hiasan busana, sejarah mode, analisis tren, serta kewirausahaan. Berkarir sebagai wirausaha, fashion stylist, desainer pakaian, desainer kostum untuk film dan teater, atau fashion blogger seperti Olivia Lazuardy.

15. Tata Rias dan Kecantikan
Tenang aja, SMK Tata Rias juga boleh dimasuki oleh siswa laki-laki kok. Aku ingetin nih, pekerjaan itu nggak memandang gender ya, Brainies. Kalian bebas memilih apa yang kalian mau. Di jurusan ini, kamu akan belajar cara menata rambut, riasan wajah, perawatan kulit, pemangkasan rambut, perawatan kuku, dan sebagainya. Setelah lulus, kamu bisa mendirikan salon kecantikan, menjadi asisten perawat di klinik kecantikan, terapis, atau Makeup Artist (MUA) dengan gaji belasan juta rupiah per bulan!

16. Teknik Komputer Jaringan
Berbeda dengan Rekayasa Perangkat Lunak yang mempelajari cara pembuatan aplikasi, jurusan Teknik Komputer Jaringan atau TKJ mempelajari cara perakitan komputer. Dibilang gampang ya nggak juga, karena butuh konsentrasi dan pemahaman ilmu yang mendalam. Mata pelajarannya antara lain dasar komputer, sistem komputer, server, perangkat jaringan, hingga internet. Berbagai profesi yang dapat kamu pilih yaitu teknisi jaringan, administrator, system analyst, dan konsultan.

17. Teknik Kendaraan Ringan
Hmm, belajar apa ya di jurusan TKJ? SMK jurusan TKJ membekali para siswanya dengan kemampuan teknologi dasar otomotif, gambar teknik otomotif, pemeliharaan mesin kendaraan ringan, pekerjaan dasar teknik otomotif, pemeliharaan listrik kendaraan ringan, dan kewirausahaan. Prospek kerja lulusan Teknik Kendaraan Ringan yaitu pengusaha bengkel, teknisi, atau operator mesin. Wah, serba bisa ya!

18. Teknik Elektronika Industri
Siswa jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) mempelajari hal-hal yang bersifat kompleks, namun saling berhubungan. Seperti konsep elektronika, listrik, teknik digital, keselamatan dan kesehatan kerja. Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka hitung-hitungan. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan TEI untuk bekerja sebagai ahli instalasi, operator mesin, teknisi robotika, system control, dan staf maintenance. Kamu bisa bekerja di perusahaan elektronik ternama maupun BUMN.

19. Teknik Gambar Bangunan
Bisa dibilang Teknik Gambar Bangunan (TGB) adalah pondasi awal untuk masuk ke jurusan Arsitektur atau Teknik Sipil. Di dalamnya, kamu akan berkenalan dengan jenis-jenis material bangunan, mekanika teknik, cara pemasangan bangunan, menghitung volume dan rancangan anggaran biaya bangunan serta menggambar bangunan. Peluang kerjanya antara lain sebagai drafter, quantity surveyor, quality control, pengendalian proyek, logistik proyek, atau kontraktor.

20. Usaha Perjalanan Wisata
Meskipun pandemi masih berlangsung, bukan berarti jurusan usaha perjalanan wisata tidak memiliki masa depan. Kamu tetap bisa bekerja sebagai guru bahasa, MC, atau event organizer acara virtual. Alumni SMK pariwisata dibekali dengan kemampuan bahasa asing yang baik, public speaking, mahir mengoperasikan komputer, hingga mampu melakukan pemasaran digital lewat media sosial.