Hari: 15 Juli 2022

11 Sekolah Pelayaran Dan Kelautan Yang Bisa Jadi Pilihan Terbaik

Bekerja di dunia pelayaran cukup menarik minat banyak lulusan sekolah masa kini karena gajinya tergolong tinggi.

Apalagi jika bisa bekerja untuk perusahaan pelayaran asing, lulusan sekolah pelayaran bisa mendapatkan gaji minimal USD 500 per bulan. Bahkan, gaji untuk kelas perwira bisa mencapai USD 2.000 hingga USD 3.000 per bulan.

Tak heran pendidikan ke sekolah tinggi pelayaran saat ini semakin diminati. Karena lulusan dari sekolah pelayaran memiliki prospek dunia kerja yang lebih luas dan diminati oleh perusahaan asing, baik dalam maupun luar negeri.

Minat yang cukup tinggi terhadap karier di bidang pelayaran, sejumlah sekolah pelayaran pun kini mulai tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik menjadi pelaut dan membutuhkan referensi sekolah pelayaran, berikut ini daftar 10 sekolah pelayaran terbaik di Indonesia.

1.BP3IP Jakarta
BP3IP atau Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran merupakan lembaga milik pemerintah. Berlokasi di Jakarta dan merupakan tempat pendidikan dan pelatihan para pelaut yang telah diakui oleh International Maritime Organization (IMO).

2. STIP Jakarta
STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran merupakan sekolah pelayaran negeri tertua di Indonesia. Sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia, STIP mencetak lulusan yang berkompeten.

3. BP2IP Tangerang
Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran(BP2IP) merupakan sebuah sekolah kemaritiman yang berada di Tangerang. Bagi kamu yang tinggal di wilayah Tangerang dan ingin melanjutkan pendidikan dalam ilmu pelayaran bisa mendaftar di BP2IP Tangerang. Di sekolah ini untuk meningkatkan sofskill calon pelaut, BP2IP menyediakan aneka macam ekstrakurikuler.

4. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar
Sekolah pelayaran yang berdiri sejak 1921 ini memiliki 3 jurusan utama yakni nautika, teknika, dan KALK. Selama masa diklat calon pelaut dari sekolah pelayaran tidak boleh menikah dulu. PIP Makassar memiliki fasilitas canggih seperti engine room control dan full mission ship simulator. Pelatihan pelayaran menggunakan kapal latih Sultan Hasanudin.

5. Akademi Maritim Cirebon
Bagi kamu warga Pantura bisa memilih Akademi Maritim Cirebon sebagai tempat menempuh pendidikan kelautan. Sekolah pelayaran yang berdiri sejak tahun 1986 ini akan mendirik calon perwira pelayaran yang ahli di bidang nautika dan teknika. Selain itu mendidik siswanya menjadi perwira pelayaran kyang ompeten bidang ketatalaksanaan pelayaran niaga.

6. PIP Semarang
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) juga hadir di Semarang. Ini juga merupakan salah satu sekolah pelayaran terbaik di Indonesia dan diakui oleh IMO. Sekolah pelayanan ini langsung dikelola oleh kementerian Perhubungan Indonesia.

7. AMN Cilacap
Meski kecil, Cilacap memiliki berbagai perguruan tinggi bidang transportasi. Salah satunya adalah Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Untuk program studinya terdiri dari teknik, pengelolaan pelabuhan, dan nautika. Lokasinya di dekat Teluk Penyu, membuat praktik pelatihan pelayaran menjadi fleksibel.

8. AMY Yogyakarta
Yogyakarta pun memiliki Akademi Maritim Yogyakarta (AMY). Ada 3 prodi dalam salah satu akademi pelayaran terbaik di Indonesia ini, yakni Ketatalaksanan Pelayaran Niaga, Nautika, dan Teknik dalam jenjang diploma. Sekolah ini telah mendapat pengakuan dari IMO pada tahun 2016.

9. Politeknik Pelayaran Surabaya
Politeknik Pelayaran Surabaya atau disebut juga sebagai Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP). Sekolah ini memiliki 2 kampus di Perak dan Rungkut Surabaya. BP2IP Surabaya memiliki 3 prodi dalam jenjang diploma untuk mencetak tenaga ahli pemesinan, kelistrikan dan navigator kapal.

10. STIMART AMNI Semarang
Merupakan lembaga pelayaran tertua di Semarang yang berdiri sejak tanggal 9 September 1964. Dan pada tahun 2015 mendapat sertifikat ISO 9001:2015 serta telah diakui oleh International Maritime Organization (IMO). Kampus biru AMNI telah berganti menjadi Universitas Maritim AMNI Semarang sejak Februari 2020. Prodinya S1-Manajemen transport dan D3-Nautika.

11. Politeknik Bumi Akademi Pelayaran Niaga Indonesia
Biasa disebut Akpelni, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta bidang kemaritiman yang berada di kota Semarang. Sejak tahun 1967 Akpelni Semarang telah resmi terdaftar pada lembaga Pendidikan Direktorat Perhubungan Laut. Perguruan tinggi ini memiliki visi untuk menjadi Politeknik yang unggul dibidang Ilmu dan Teknologi Maritim, Inspiratif, Berstandar Nasional dan Internasional. Saat ini memiliki 3 program studi dengan jenjang Diploma Tiga yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan, serta 1 prodi sarjana terapan atau setara jenjang Diploma Empat yaitu Transportasi Laut.

Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 2022-2023

Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 2022-2023 – Ada banyak sekolah ikatan dinas di negeri ini. Hanya saja informasinya tidak tersebar dengan luas, padahal jaminan kerjanya baik karena bisa langsung bekerja di kementerian setelah lulus. Untuk kamu yang tertarik bidang pelayaran ada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta yang membuka pendaftaran untuk tahun akademik 2022-2023. Artikel ini membahas semua informasi mengenai Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 2022!

Sama seperti akan masuk ke universitas ataupun lembaga pendidikan lainnya, agar bisa diterima masuk di STIP Jakarta ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Kamu juga direkomendasikan untuk tahu alur pendaftaran, tahapan seleksi, dan juga jadwalnya agar bisa mengikuti seleksi dengan baik. Informasi detailnya terbagi dalam beberapa bagian berikut ini:

Persyaratan Umum
Berikut adalah persyaratan umum yang ditetapkan oleh panitia Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 2022:

Calon Taruna dan Taruni adalah Warga Negara Indonesia
Usia maks 23 tahun dan min 16 tahun
Tinggi badan min 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita
Sehat secara fisik dan mental, tidak mengidap HIV/AIDS, dan bukan pengguna narkoba
TIdak bertato atau tidak memiliki bekas tato, tidak bertindik atau tidak ada bekas tindik kecuali wanita diperbolehkan satu pasang tindik di telinga. Pengecualian berlaku untuk alasan yang berkaitan dengan agama dan adat istiadat
Memiliki penglihatan yang normal. Tidak ada buta warna baik total maupun parsial
Tidak terlibat atau sedang menjalani hukuman pidana karena tindakan kejahatan
Sebelumnya tidak pernah dikeluarkan secara tidak hormat sebagai Taruna atau Taruni dari lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya
Patuh dan taat terhadap semua peraturan Pola Pembibitan
Bersedia untuk diberhentikan secara tidak hormat bila terbukti melakukan kriminalitas seperti konsumsi dan jual beli narkoba, melakukan tindakan kekerasan seperti berkelahi, memukul, merundung, dan mengeroyok; melakukan tindakan asusila dan atau penyimpangan seksual
Terdiskualifikasi bila terbukti telah melakukan pemalsuan dokumen atau identitas
Siap menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna atau Taruni dengan materai 6000 Rupiah
Calon Taruna dan Taruni memiliki nomor telepon dan alamat email aktif
Itulah persyaratan umum untuk bisa masuk ke STIP Jakarta. Semuanya harus bisa terpenuhi sebagai langkah awal pendaftaran. Amat direkomendasikan kamu mempersiapkannya jauh-jauh hari jadi saat hari H tidak repot karena semuanya yang serba mendadak.

Persyaratan Akademik dan Jurusan
Persyaratan Nilai
Berikut ini pesyaratan nilai yang harus kamu penuhi untuk bisa mendaftar di STIP Jakarta:

Bagi lulusan tahun lalu dan sebelumnya, minimal rata-rata nilai ujian pada ijazah adalah 7,0 untuk skala penilaian 1-10, 70,00 bagi skala penilaian 10-100, dan 2,8 bagi yang menggunakan skala penilaian 1-4
Untuk calon Taruna dan Taruni yang lulus pada tahun ini, minimal nilai rata-rata rapor sampai semester 5 adalah 7,0 untuk yang menggunakan skala penilaian 1-10, 70,00 bagi yang menggunakan skala penilaian 10-100, dan2,8 bagi yang menggunakan skala penilaian 1-4. Serta resmi lulus saat melakukan registrasi ulang
Bagaimana, apakah nilai rata-ratamu sudah cukup untuk bisa memenuhi syarat akademik ini? BIla belum, kamu bisa tingkatkan semangat belajarmu agar bisa memnuhi persyaratan ini.

Persyaratan Jurusan
Persyaratan lulus program studi D IV Nautika diantaranya adalah:

SMA/MA dan sederajat jurusan IPA
Paket C jurusan IPA
SMK dari jurusan Pelayaran Kapal Niaga atau Nautika Kapal Niaga
Persyaratan lulus program studi D IV Teknika diantaranya adalah:

SMA/MA dan sederajat jurusan IPA
Paket C jurusan IPA
SMK Teknik Mesin, Teknik industri, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik, Teknik Ketenagalistrikan, dan Pelayaran Kapal Niaga atau Teknika Kapal Niaga
Persyaratan Studi D IV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan diantaranya adalah:

SMA/MA dan sederajat dari jurusan IPA atau IPS
Paket C jurusan IPA dan IPS
SMK Manajemen Perkantoran, Teknik Komputer dan Informatika, Bisnis dan Pemasaran, dan Akuntansi dan Keuangan
Bagaimana, apakah jurusanmu memang cocok untuk masuk salah satu prodi di STIP Jakarta?

Alur Pendaftaran
Berikut ini alur pendaftaran yang harus kamu ikuti dengan tertib agar akhirnya bisa terdaftar resmi di Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 2022:

Calon Taruna dan Taruni melakukan pendaftaran di link sscasn.bkn.go.id agar bisa mendapatkan username, password, dan print out tanda bukti pendaftaran I
Selanjutnya lakukan juga pendaftaran di situs sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari langkah sebelumnya
Calon Taruna dan Taruni melengkapi data pendaftaran serta upload dokumen di situs pada langkah kedua
Calon Taruna dan Taruni melakukan print out bukti pendaftaran II
Demikianlah alur pendaftaran pada tahap awal. Calon Taruna dan Taruni hanya perlu melakukan empat langkah di atas agar bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Tahapan Seleksi
Agar lebih paham mengenai keseluruhan tahapan seleksi, berikut ini rangkaian tahapan seleksi pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 2022:

Tahap I terdiri dari Pendaftaran
Tahap II terdiri dari Seleksi Administrasi
Tahap III terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD yang mencakup Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, Tes Intelegensi Umum atau TIU, dan Tes Karakteristik Pribadi atau TKP
Tahap IV terdiri dari Tes Akademik
Tahap V terdiri dari Tes Psikotes
Tahap VI terdiri dari Tes Kesehatan
Tahap VII terdiri dari Kesamaptaan dan Wawancara
Dengan melihat semua tahapan ini kamu jadi paham bahwa semuanya merupakan rangkaian panjang yang harus diikuti dengan baik agar nanti bisa lulus dan berhasil duduk di bangku STIP Jakarta.

Jadwal Pendaftaran
Agar tidak telat mendaftar, kamu harus tahu tanggal penting pendaftaran berikut ini:

Pendaftaran dimulai dari Januari hingga Februari 2022
Seleksi tes masuk berlangsung pada bulan Februari 2022
Pengumuman serta pembayaran semua biaya pendidikan pada akhir bulan Februari 2022
Registrasi ulang pada bulan Maret 2022
Mulai pendidikan di pertengahan bulan Maret 2022
Ayo catat semua tanggalnya agar kamu bisa mendaftar tepat waktu! Kamu juga bisa bookmark halaman ini agar bisa diakses lagi nanti dengan lebih praktis.

Exit mobile version