Daftar 5 Universitas Jurusan Statistika Terbaik di Indonesia

Daftar 5 Universitas Jurusan Statistika Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Statistika Terbaik di Indonesia – Setidaknya ada lima jurusan statistika yang masuk dalam kategori terbaik di Indonesia. Salah satunya diakui di tingkat internasional. Dalam arti, program studi sains yang dikenal mempelajari data dan angka secara rinci. Sehingga tidak jarang banyak orang menganggapnya sebagai salah satu jurusan yang sulit.

Inilah Universitas Jurusan Statistika Terbaik di Indonesia

Statistika adalah studi tentang perencanaan, pengumpulan, analisis, dan penyajian data. Secara umum statistik juga bisa disebut ilmu data.

1. Universitas Diponegoro

Program Studi Statistika Universitas Diponegoro merupakan bagian dari Departemen Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dikutip dari situs resminya, sejak tahun 2000 UNDIP telah mengajukan proposal untuk Program Studi Statistika. Terakhir, melalui surat Dirjen Dikti No.920/D/T/2003, UNDIP mendapat izin untuk mendirikan program studi tersebut. Saat ini Jurusan Statistika Universitas Diponegoro telah terakreditasi A berdasarkan SK No. 3298/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018. Program Studi (S1) Statistika memiliki beberapa bidang keahlian seperti Industri, Ekonomi dan Bisnis, Komputer dan Sistem Informasi Manajemen, serta Sosial dan Pemerintahan.

2. Universitas Gadjah Mada

Program Studi S1 ​​Statistika menjadi bagian dari Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada sejak tahun 1987. Dikutip dari situs resminya, Program Studi Statistika memiliki enam kelompok keahlian yaitu Statistika, Statistika Komputasi, Analisis, Aljabar, Matematika Terapan, dan Matematika Komputasi. Dalam status akreditasinya, program studi S1 ​​Statistika terakreditasi Unggul. Predikat ini berlaku mulai 27 Mei 2020 hingga 30 September 2023.

3. Institut Teknologi Sepuluh November

Awalnya, Statistika merupakan salah satu bidang peminatan di Departemen Matematika, Fakultas Ilmu Eksakta dan Ilmu Pengetahuan Alam (FIPIA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dikutip dari situs resminya, bidang tersebut akhirnya terus berkembang dan menjadi jurusan baru. Sejak tahun 1983, departemen statistika resmi berdiri seiring dengan berubahnya FIPIA menjadi FMIPA. Pembentukan Departemen Statistika ITS didasarkan pada PP No. 5 Tahun 1980, PP No. 27 Tahun 1981, dan Keputusan Presiden No. 58 Tahun 1982. Sejak tahun 2006, Departemen Statistika FMIPA ITS memiliki empat program pendidikan, yaitu D3 Program, Program Sarjana, Magister, dan Doktor. Namun pada tahun 2017, Jurusan Statistika berubah menjadi Jurusan Statistika, Fakultas Matematika, Komputasi dan Ilmu Data (FMKSD) dengan 3 program studi. Program Sarjana dengan akreditasi A dan Sertifikasi Internasional Jaringan Universitas Asean, Penjaminan Mutu (AUN-QA), Program Magister dengan akreditasi A, dan Program Doktor dengan akreditasi A.

4. Institut Pertanian Bogor

Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah penyelenggara Statistik Pendidikan Tinggi untuk Program Magister dan Doktor di Indonesia. Dikutip dari situs resminya, pelopor berdirinya jurusan ini adalah Prof Andi Hakim Nasution (alm) melalui Bagian Biometrik Fakultas Pertanian. Setelah itu resmi berdiri secara mandiri pada tahun 1971 dengan nama Jurusan Statistika dan Komputasi. Beberapa program studi yang dibuka antara lain S1 Statistika & Ilmu Data, Magister Statistika, Magister Statistika Terapan, dan Gelar Doktor Statistik. Masing-masing program tersebut telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

5. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia juga membuka program S1 Statistika. Dikutip dari situs resminya, departemen ini memiliki visi menjadi lembaga yang kuat di tingkat nasional dan diakui di tingkat internasional. Kurikulum S1 Statistika Departemen MIPA UI disusun berdasarkan visi, misi, tujuan, KKNI level 6, perkembangan iptek, kebutuhan pasar, dan perkembangan perkembangan intelektual peserta.